Faktor Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Rendah

Siapa pun ibu, tentu saja ingin melahirkan buah hati dengan bobot proporsional. Kenyataannya, ada juga bayi yang dilahirkan beratnya rendah. Apa penyebab sesungguhnya? Untuk megurangi angka bayi berat lahir rendah, anda perlu mengetahui Faktor Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Rendah.

Selamat datang kembali di salah satu website resmi Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menjual berbagai suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan alami pilihan tanpa tersentuh bahan kimia.

Faktor Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Rendah

Faktor Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Rendah — Berat lahir bayi mencerminkan hasil perkembangan dalam kandungan dan kecukupan nutrisi bayi saat dilahirkan. Bayi dikatakan memiliki berat lahir rendah atau BBLR apabila memiliki berat badan kurang dari 2500gr (2,5 kg). Beberapa klasifikasi lain untuk berat lahir rendah adalah: berat lahir sangat rendah jika di bawah 1,5 kg, dan berat lahir rendah ekstrem jika di bawah 1 kg. Bayi dengan berat lahir rendah memiliki resiko kematian lima kali lebih tinggi dibanding bayi normal

Berat lahir rendah tidak hanya mempengaruhi kondisi bayi saat dilahirkan tetapi juga kesehatan bahkan kelangsungan hidup bayi. Pada umumnya, bayi yang dilahirkan prematur atau kurang dari 37 minggu usia kandungan memiliki berat lahir yang lebih rendah dari bayi normal. Di samping jangka waktu kehamilan, berat lahir bayi ditentukan oleh beberapa faktor yang pada umumnya berkaitan dengan kesehatan ibu dan kesehatan saat kehamilan.

penyebab berat badan rendah pada bayi baru lahir

1. Status gizi ibu bayi sebelum hamil

Status gizi seorang calon ibu bayi memenentukan asupan yang diperoleh bayi dalam kandungan. Kecukupan status gizi sebelum kehamilan dinilai menggunakan indeks masa tubuh (IMT). Salah satu penelitian menunjukkan perempuan yang berbadan kurus atau dengan IMT < 18,5 memiliki peluang dua kali lebih besar untuk melahirkan bayi dengan berat rendah dibandingkan individu dengan IMT normal. Saat sebelum memasuki masa kehamilan, IMT menggambarkan perkembangan tubuh dan kecukupan asupan untuk ibu dan bayi.

2. Berat badan ibu bayi saat sedang hamil

Peningkatan asupan untuk memenuhi kebutuhan bayi pasti akan berdampak pada kenaikan berat badan saat kehamilan. Kenaikan berat badan berkisar antara 5 kg hingga 18 kg yang disesuaikan dengan status gizi sebelum hamil, pada individu berbadan normal kenaikan berat badan yang disarankan sekitar 11 kg hingga 16 kg. Kenaikan berat badan yang terlalu sedikit meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat rendah. Hal ini dibuktikan oleh penelitian oleh Frederik dan kolega yang menemukan kenaikan berat badan ibu hamil memiliki hubungan positif terhadap berat bayi saat dilahirkan, semakin besar peningkatan berat badan ibu hamil maka akan semakin tinggi berat badan bayi saat dilahirkan.

3. Usia Ibu saat sedang hamil

Bayi berat lahir rendah pada umumnya ditemukan pada ibu yang hamil saat usia remaja. Tubuh seorang perempuan usia remaja belum siap untuk mengalami kehamilan, hal ini juga dapat disebabkan  kecukupan nutrisi pada usia tersebut. Kehamilan usia remaja yang paling sering  terjadi pada usia 15-19 tahun. Akibatnya,  risiko melahirkan berat bayi lahir rendah menjadi lebih tinggi 50% dibandingkan usia normal untuk menjalani kehamilan atau sekitar 20-29 tahun.

4. Jarak waktu melahirkan anak

Jika waktu kehamilan terlalu berdekatan dengan waktu melahirkan anak sebelumnya maka kemungkinan tubuh ibu bayi belum menyimpan nutrisi yang cukup untuk kehamilan selanjutnya. Kebutuhan nutrisi akan meningkat saat hamil, dan akan lebih tinggi lagi jika ibu mengalami kehamilan dan harus memberikan ASI secara bersamaan sehingga meningkatkan risiko bayi berat lahir rendah. Suatu penelitian di India menemukan bahwa Ibu yang melahirkan BBLR cenderung memiliki interval kelahiran yang lebih singkat. Rata-rata BBLR terjadi pada ibu yang melahirkan dengan jarak hanya 24 bulan dari kelahiran yang sebelumnya.

5. Kondisi kesehatan ibu

Kesehatan ibu saat menjalani kehamilan maupun riwayat kesehatan sebelum dapat  berkontribusi menyebabkan BBLR. Tidak hanya masalah kesehatan fisik, namun juga kesehatan psikologis ibu. Berikut beberapa masalah kesehatan ibu yang dapat menyebabkan bayi berat lahir rendah:

  • Anemia – Kondisi ini pada umumnya disebabkan karena kekurangan zat besi (Fe) dalam darah saat kehamilan dan diatasi dengan mengonsumsi suplemen tablet Fe saat hamil.
  • Riwayat keguguran dan melahirkan BBLR – salah satu masalah yang menyebabkan keguguran adalah ketika tubuh tidak dapat mempertahankan kandungan. Individu dengan usia lebih dari 30 biasanya lebih berisiko memiliki kandungan yang lebih lemah sehingga berisiko melahirkan prematur dan BBLR.
  • Penyakit Infeksi – beberapa penyakit infeksi yang dapat menyebabkan BBLR adalah HIV, toxoplasmosis dan listeria. HIV dapat ditularkan melalui plasenta ibu yang terinfeksi HIV kepada bayi hingga menyebabkan gangguan perkembangan dan imun bayi sejak dalam kandungan. Sedangkan toxoplasmosis dan listeria menginfeksi lewat makanan yang tidak matang atau tidak higienis.
  • Komplikasi kehamilan – di antaranya gangguan pada uterus dan letak plasenta yang lebih rendah sehingga bayi harus dilahirkan dengan operasi caesar saat kurang dari usia kandungan normal.
  • Pregnancy blues – disebabkan gangguan hormonal yang menyebabkan kesedihan terus-menerus selama hamil. Dampaknya dapat menghilangkan nafsu makan dan kelelahan yang konstan pada ibu hamil.
  • Paparan alkohol dan asap rokok saat hamil (pasif maupun aktif) – konsumsi keduanya menyebabkan racun masuk ke aliran darah ibu hamil dan dapat merusak plasenta, sehingga dapat merusak sumber nutrisi bagi bayi dalam kandungan. Keduanya juga dapat menyebabkan kerusakan sel terutama protein dan lapisan lipid. Konsumsi alkohol sebanyak 20 gram saja dapat menyebabkan janin mengalami hambatan perkembangan dan bernapas.
6. Melahirkan bayi kembar

Dengan adanya lebih dari satu bayi dalam kandungan, maka tubuh akan berusaha lebih keras untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Jika mengalami kekurangan nutrisi saat kehamilan, ini dapat menyebabkan berat lahir rendah. Bayi yang lahir kembar juga cenderung memiliki badan yang lebih kecil karena keterbatasan ruang untuk berkembang saat dalam kandungan sehingga mereka memiliki berat lahir yang lebih rendah. Ada baiknya Ibu yang sudah terdeteksi akan memiliki bayi kembar meningkatkan kecukupan asupan dan meningkatkan berat badan berkisar antara 14 kg hingga 23 kg agar dapat mengurangi risiko melahirkan bayi kembar dengan berat lahir rendah.

Nah, itulah Faktor Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Rendah. Jadi usahakan untuk selalu memperhatikan asupan makanan pada saat hamil. Karena, selain untuk menjaga kesehatan sang ibu, pengaruhnya pada janin pun cukup besar. Semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://hargaterbaruprocleansingtea2017.wordpress.com untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Faktor Penyebab Bayi Lahir Dengan Berat Badan Rendah

Advertisements

Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur

Meskipun ini ritual yang terdengar sepele, tapi dibalik rutinitas mengganti sprei dan alas tidur ternyata menyimpan masih banyak keuntungan kesehatan tubuh. Berikut Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya, kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pemabayaran “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur

Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur

Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur — Sprei yang terus menempel di kasur memang terlihat bersih. Kebanyakan orang hanya membersihkan sprei dengan sapu ijuk untuk menyingkirkan kotoran-kotoran yang menempel. Walaupun terlihat bersih ternyata sprei yang jarang diganti bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi kuman.

Mengganti sprei setiap minggu sangat dianjurkan demi menjaga kesehatan Anda. Ironisnya berdasarkan hasil survei terhadap 2000 orang di Inggris ternyata ada lebih dari 50 persen partisipan yang betah tidur dengan sprei kotor.

Padahal para ahli sudah mengingatkan bahwa tidur dengan sprei yang kotor dapat mengganggu kesehatan. Sprei yang jarang diganti bisa memicu alergi dan asma sebab ada banyak jamur, kuman, dan tungau yang tinggal di sprei kotor.

Berikut 3 alasan utama harus rajin mengganti sprei

  • Sel Kulit yang Mati Mengundang Tungau

Saat tidur, terutama malam hari sel-sel tubuh kita diperbaiki dan diperbaharui dengan sel baru, begitu pula halnya dengan kulit. Sisa-sisa kulit mati kita tentunya menempel pada sprei yang kita gunakan walaupun tidak terlihat dengan mata telanjang. Sisa-sisa kulit mati inilah yang akan menjadikan sprei tempat yang digemari tungau.

Tungau merupakan hewan mikroskopik yang tidak dapat terlihat dengan mata telanjang. Tungau banyak terdapat di dalam debu rumah. Tungau yang terbawa debu dan hinggap di sprei akan memakan sisa-sisa kulit mati yang terdapat di sana sehingga sprei yang jarang diganti akan mengandung banyak tungau.

Tungau ini adalah semacam kutu yang pada sebagian orang tidak tahan atau alergi terhadap sekret yang mereka keluarkan. Karenanya, jarang mengganti sprei dapat menyebabkan gatal-gatal terutama bagi orang yang alergi tungau. Debu yang menempel di sprei pun bila terhirup dapat menyebabkan sesak napas.

  • Tungau adalah Penyebab Skabies

Salah satu yang penyakit yang mudah muncul dari kondisi tempat tidur yang kotor adalah skabies. Skabies hadir karena munculnya tungau atau kutu di tempat tidur yang lama tidak dibersihkan.

Skabies adalah suatu bentuk penyakit kulit yang disebabkan oleh sensitisasi terhadap parasit tungau kecil Sarcoptes scabiei var, hominis dan produknya. Skabies dikenali apabila ditemukan minimal dua dari keluhan-keluhan berikut:

  • Rasa gatal di daerah lesi pada malam hari
  • Umumnya terjadi dalam kelompok yang memiliki kontak dekat (seperti rumah, asrama, dsb)
  • Adanya lesi (perlukaan) khas berupa terowongan putih atau keabuan rata-rata sepanjang 1 cm yang pada ujungnya terdapat lesi kulit seperti jerawat atau lenting. Umumnya terdapat di sela jari, pergelangan tangan, sisi lengan bawah bagian dalam, siku bagian luar, lipat ketiak, puting, pusar, bokong, kelamin dan perut bagian bawah.
  • Ditemukan adanya tungau baik dalam bentuk telur, larva ataupun tungau dewasa.

Permasalahannya adalah skabies seringkali menyerupai kelainan kulit lain yang juga memiliki keluhan gatal sehingga menyulitkan diagnosis, dan tentu saja, menyulitkan pengobatannya.

  • Sprei Lembab Menjadi Biang Kuman dan Jamur

Selain itu, saat tidur tidak jarang kita mengeluarkan keringat terutama bila saat udara panas. Keringat yang mengenai sprei dapat menimbulkan kelembaban yang menjadi tempat yang disukai oleh kuman dan jamur. Mengganti dan mencuci sprei secara berkala tentunya akan mengurangi kemungkinan kita untuk terjangkit berbagai penyakit.

Lalu apakah hal ini bisa terjadi juga pada alat tidur yang berada di ruangan ber-AC, yang notabene ruangan berAC lebih sedikit risiko mengundang kelembaban dan cenderung kering. Jawabnya adalah sama. Meskipun dirasa kering, kadar kelembaban tak kasat mata dan perkembangannya tidak dapat tertakar kecuali dengan piranti canggih. Jadi, untuk pencegahan keseluruhannya sangat disarankan untuk mulai rutin menjaga kebersihan alas tidur Anda.

Demikian informasi Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur. Jadi, meskipun mengganti sprei terdengar sebagai sesuatu hal yang sepele namun ternyata jika diabaikan dapat berdampak bagi kesehatan kita.

Terus kunjungi situs https://hargaterbaruprocleansingtea2017.wordpress.com untuk update informasi bermanfaat lainnya seputar kesehatan.

Alasan Utama Anda Harus Sering Mengganti Sprei Kasur

Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya

Beberapa macam teh yang telah dikenal luas oleh masyarakat adalah teh hijau, teh putih, teh hitam, teh herbal chamomile dan teh oolong. Namun pada postingan kali ini kami akan membahas Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya

Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya

Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya — Teh putih atau white tea adalah tanaman teh yang sama dengan teh hijau atau green tea. Hanya saja, teh putih berasal dari jenis yang lebih sehat dan lebih jarang didapat. Teh putih termasuk minuman yang sehat. Yang membedakannya dengan teh jenis lainnya adalah nutrisinya.

Kandungan antioksidan dari teh putih dapat mencapai tiga kali lebih banyak. Selain itu, teh putih memiliki potensi untuk memblokir mutasi DNA sebagai pemicu pembentukan tumor, menurut penelitian.

Manfaat Kesehatan Dari Teh putih

Walaupun teh putih belum banyak diteliti seperti pada teh hijau dan teh hitam, namun ada bukti-bukti bahwa minuman ini dapat memperkaya kesehatan Anda, berikut manfaatnya :

  • Kendali Obesitas

Dalam penelitian tahun 2009, peneliti menguji efek anti-obesitas teh putih dalam serangkaian percobaan pada sel-sel lemak manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh putih mendorong pemecahan lemak dalam sel lemak yang sudah ada. Terlebih lagi, teh putih tampaknya mengurangi produksi dari gen-gen yang penting untuk pertumbuhan sel-sel lemak baru.

Walaupun peneliti menyarankan bahwa teh putih mungkin dapat menjadi sumber zat pelangsing alami yang ideal, namun para peneliti belum menyelidiki apakah teh putih dapat melawan obesitas bila diminum dibandingkan disuntik langsung ke sel-sel seperti uji laboratorium.

  • Pencegahan Kanker

Teh putih mungkin dapat menghambat mutasi DNA (yang berpotensi kanker menyebabkan perubahan dalam bahan genetik), bahkan lebih efisien daripada teh hijau, menurut penelitian tahun 2000 yang menguji empat varietas teh putih (Silver Needle, Flowery Pekoe, Mutan White, dan Exotica China White).

Dalam penelitian berbasis hewan yang diterbitkan tahun berikutnya, para peneliti menemukan bahwa teh putih mungkin merupakan inhibitor kuat dari aberrant crypts (tanda awal kanker usus besar).

  • Perawatan Kulit

Penelitian tahun 2003 menunjukkan bahwa teh putih yang dioleskan dapat meningkatkan fungsi kekebalan sel-sel kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Namun perlu dicatat bahwa penelitian ini didanai oleh perusahaan perawatan kulit Origins Natural Resources, yang memproduksi produk-produk berbasis teh putih.

Manfaat teh putih lainnya adalah :

  1. Menguatkan kekebalan tubuh dan anti penuaan dini
  2. Mencegah penyakit kardiovaskular.
  3. Mencegah pengerasan / penyempitan pembuluh darah, mengurangi kemungkinan tekanan darah   tinggi dan penyakit jantung koroner.
  4. Bisa mencegah tersumbatnya pembuluh darah, mengurangi tekanan darah tinggi, dan mencegah terserang penyakit jantung koroner.
  5. Bisa menyegarkan dan mematikan kuman yang menyebabkan bau nafas di mulut, menjaga gigi agar tidak mudah berlubang dan bisa membunuh bakteri.
  6. Folifenol yang terkandung dalam teh putih berkhasiat untuk mengeluarkan racun di tubuh dan anti radiasi.
  7. Bisa mencegah dari kerusakan otak dan mencegah dari kepikunan.
  8. Antioksidan yang ada dalam teh putih bisa menghindarkan terserang penyakit kanker yang bisa hinggap kapan saja.
  9. Teh putih berkhasiat untuk mengurangi tingkat stres dan menambah stamina tubuh.
  10. Menurunkan kolesterol: Antioksidan catechin dalam teh putih dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.
  11. Melindungi jantung: Teh putih dapat melindungi hati dan seluruh sistem peredaran darah. Selain   itu juga dapat menurunkan kadar gula darah, serta mencegah dan mengurangi gejala diabetes melitus.

Cara Menghidangkan Teh Putih yang Ideal?

Cara menghidangkan teh putih juga harus diperhatikan agar Anda tetap mendapatkan seluruh manfaat teh ini. Dalam menghidangkan teh putih, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pilih air yang benar-benar jernih. Jika airnya kurang jernih, cobalah untuk menyaringnya terlebih dahulu. Kualitas air yang tidak baik dapat merusak rasa teh.
  • Panaskan air pada suhu mendekati mendidih. Jika air telanjur mendidih, diamkan dahulu selama 5-8 menit agar suhunya berkurang. Teh putih yang diseduh dengan air mendidih akan terasa pahit.
  • Masukkan serbuk atau daun teh putih ke dalam teko dengan takaran dua sendok teh per cangkir. Tuang air yang sudah dipanaskan tadi.
  • Pada tahap ini, diamkan selama 1-3 menit atau 7-10 menit, tergantung kepada rasa teh yang Anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan daun atau serbuk teh yang sama untuk beberapa kali seduh.
  • Teh putih siap dihidangkan.

Teh putih mungkin sulit ditemukan dan belum populer di kalangan masyarakat, namun jika Anda sudah mendapatkannya, tidak ada salahnya jika Anda rutin mengonsumsi teh tersebut, untuk memperoleh manfaatnya.

Begitulah Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya. Dan dalam dunia kesehatan bahwa teh putih dianjurkan diminum sebagai obat tradisional yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Banyak sekali khasiat dari teh putih sehingga anda perlu mencobanya untuk kesehatan anda dan bisa dikonsumsi setiap hari, karena sehat itu mahal harganya tidak sebanding dengan harga teh putih tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://hargaterbaruprocleansingtea2017.wordpress.com untuk update informasi lainnya mengenai kesehatan.

Manfaat Teh Putih Untuk Kesehatan Serta Cara Menyajikannya

Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan

Beberapa orang punya kebiasaan makan telur mentah. Umumnya, mereka mencampurnya dengan minuman atau makanan. Namun tahukah anda Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan ? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World Global yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan sistem pelayanan “Barang Sampai Baru Bayar“.

Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan

Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan

Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan — Sebuah Telur terdiri dari kuning telur kuning, dan cairan putih bening yang disebut dengan albumin. Cairan bening telur atau yang disebut albumin ini akan berubah warna menjadi putih ketika telur habis dimasak, sehingga kebanyakan orang menyebutnya dengan putih telur. Telah kita bahas sebelumnya tentang manfaat putih telur, dimana yang tidak kalah baiknya dengan bagian kuning.

Telur biasanya diolah dengan cara dibuat telur orak-arik, telur rebus, telur ceplok, atau sebagai bahan tambahan untuk banyak jenis makanan. Bahkan tak sedikit orang yang memanfaatkan telur untuk dikonsumsi mentah, biasanya dengan tujuan untuk menambah stamina atau bahkan kecantikan.

Akibat makan telur mentah atau setengah matang pada kesehatan

1. Berpotensi untuk mengalami keracunan makanan

Dalam telur terdapat suatu bakteri yang bernama salmonella enteriditis. Ini merupakan sejenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan yang biasanya akan dapat terdeteksi setelah 5 hingga 36 jam setelah mengkonsumsi produk hewani dalam keadaan mentah. Keracunan ini dapat ditandai dengan timbulnya gangguan diare yang disertai dengan sakit perut, dehidrasi, demam, serta kepala sering pusing. Bagi anak-anak dan mereka yang memiliki kondisi tubuh yang lemah, hal ini sangat berbahaya. Namun, tidak semua telur yang masih dalam kondisi segar atau mentah mengandung bakteri salmonella.

Bakteri ini akan berkembang dan berakibat buruk bagi kita, apabila telur atau produk makanan yang mengandung telur dibiarkan selama beberapa hari dalam suhu ruangan. Untuk itu, para pakar kesehatan sangat menyarankan agar kita menghindari konsumsi telur mentah, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

2. Alergi

Pada saat dikonsumsi dalam keadaan mentah, kandungan zat Lysozyne yang merupakan protein dalam telur dapat memiliki reaksi sebagai antigen dalam tubuh yang dapat menimbulkan resiko alergi bagi yang mengkonsumsinya, terutama bagi mereka yang tidak tahan terhadap protein-protein telur. Alergi biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal-gatal serta ruam pada kulit.

Kadungan ovomucoid yang juga terdapat dalam telur juga dapat bermanifestasi terhadap gangguan kulit ini. Dimana akibat mengkonsumsi zat ini, bisa terjadi berbagai macam penyakit kulitt seperti gatal-gatal, timbulnya ruam kulit, pembengkakan, papula, urtikaria, serta vesikula.

3. Kekurangan Biotin

Di awal telah disampaikan bahwa dalam telur terdapat zat avidin yang merupakan sejenis protein yang berfungsi untuk melindungi embrio dari bakteri yang berasal dari luar. Zat ini dapat mengikat dan mengganggu penyerapan biotin atau vitamin B7 serta berbagai mineral penting dalam tubuh oleh sistem pencernaan di dalam perut. Pada saat tubuh kekurangan biotin akan dapat menyebabkan gangguan metabolisme serta nutrisi dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat berdampak pada timbulnya berbagai masalah seperti :

  • rambut rontok berlebihan yang akhirnya akan menyebabkan kebotakan.
  • sering mengantuk
  • Terjadi penurunan pada berat badan
  • Gangguan tidur (insomnia)
  • Gangguan kulit
  • Nyeri pada otot

4. Menyebabkan Dermatitis (eksim)

Ini merupakan gangguan kulit yang salah satunya disebabkan oleh konsumsi zat avidin yang salah satunya terdapat dalam telur. Dermatitis ini ditandai dengan terjadinya peradangan serta iritasi kulit sehingga menyebabkan pelepuhan atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit. Dermatitis ini juga bisa terjadi karena darah kotor.

5. Gangguan saluran pernafasan

Gangguan kesehatan selanjutnya yang dapat disebabkan karena bahaya telur mentah adalah terjadinya gangguan pada saluran pernafasan seperti batuk maupun wheezing. Hal ini di duga karena kandungan ovomucoid yang terdapat dalam telur mentah. Untuk menghindari gangguan ini, para pakar kesehatan sangat menyarankan agar tidak memberikan putih telur, apalagi dalam keadaaan yang masih mentah pada bayi maupun orang-orang yang berpotensi pada alergi. Selain itu, sebaiknya membiasakan diri dan keluarga untuk selalu mengkonsumsi telur dalam keadaan yang telah matang, karena dengan memasak terlebih dahulu produk telur dapat menghancurkan efektivitas dari ovomucoid tersebut.

Gangguan saluran pernafasan yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak yakni :

  • ISPA
  • Sinusitis
  • Asma

6. Gangguan ginjal

Telur yang dihasilkan oleh ayam-ayam yang dipelihara di peternakan yang biasanya diberi pakan dengan campuran bahan-bahan kimia seperti melamin. Kita tahu bahwa melamin merupakan salah satu bahan untuk membuat plastik, pupuk, maupun cat. Meskipun kadarnya sangat sedikit, namun unsur kimia tersebut dapat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi tubuh, diantaranya adalah timbulnya gangguan pada organ ginjal seperti gagal ginjal maupun batu ginjal.

Dan lebih buruknya lagi, sampai saat ini belum ditemukan cara untuk dapat menetralisir kandungan melamin yang terdapat dalam telur. Sehingga langkah terbaik yang bisa ditempuh adalah dengan mengkonsumsi telur dalam keadaan matang.

7. Kekurangan nutrisi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam journal of nutrition pada tahun 1998 telah menyatakan bahwa hampir lebih dari 50% kandungan protein dalam telur tidak dapat terserap oleh tubuh, pada saat telur dikonsumsi dalam keadaan masih mentah. Sebaliknya, pada saat dikonsumsi pada keadaan yang telah matang, kandungan protein telur yang dapat diserap oleh tubuh kita bisa mencapai 90%. Hal ini berarti bahwa telur matang merupakan makanan yang mengandung protein yang lebih baik daripada telur mentah.

Demikian uraian dari kami yang membahas Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan. Semoga informasi diata bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs https://hargaterbaruprocleansingtea2017.wordpress.com untuk update informasi bermanfaat seputar kesehatan lainnya.

Bahaya Makan Telur Mentah Atau Setengah Matang Bagi Kesehatan

Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit

Pernahkah kamu menemui di beberapa bagian kulitmu terdapat daki yang sulit sekali untuk dibersihkan?. Daki yang terdapat pada kulit biasanya menempel sangat lekat, sehingga membersihkan dengan cara mandi saja masih belum bisa membuatnya hilang. Inilah Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit

Selamat datng kembali di situs resmi Alfian Herbal agen Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dengan sistem “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit

Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit

Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit — Daki merupakan sebuah plak yang menghitam atau noda yang sangat susah dihilangkan, banyak orang yang mengalami hal ini, yakni memiliki kulit berdaki. Cara menghilangkan daki, susah-susah gampang. perlu rajin-rajin dan menerapkan manajemen kebersihan yang diterapkan dalam waktu lama

Daki seringkali berada di daerah leher kita, namun sering juga ada di daerah lipatan tubuh, seperti di siku, ketiak, selangkangan, lutut bagian dalam, mungkin hingga daerah bokong. Banyak faktor yang membuat kulit seseorang berdaki atau juga dikenal noda hitam, flak hitam, daki mati, kulit yang menghitam dan sebagainya.

Banyak orang menderita malu karena memiliki kulit gelap di sekitar leher dan ketiak. apalagi buat kalian yang senang menggunakan baju lengan pendek. Ini bisa terjadi karena gangguan pigmentasi kulit yang cukup umum dikenal sebagai acanthosis nigricans. Ini bukan infeksi dan tidak menular.

Penuaan dan paparan sinar matahari adalah penyebab utama dari perubahan warna gelap pada bagian yang berdaki. Penyebab lainnya adalah diabetes, genetika, sindrom polikistik ovarium, kebersihan yang buruk, dan penurunan berat badan secara tiba-tiba atau berat badan.

Untuk didaerah pinggang, selangkangan, ketiak, siku dan dengkul bisa terjadi karena proses dari gesekan yang terjadi pada kebiasaan sehari-hari.Misal karena terlalu sering menggunakan celana ketat, sehingga sering terjadi gesekan, ataupun seperti disiku, karena sering bergesekan dengan meja. ini terutama yang masih duduk dibangku sekolah.

Bila terjadi diselangkan bisa disebabkan karena gesekan antara cd dan lembabnya kulit, sehingga menyebabkan pigmentasi pada kulit. mungkin lebih mudah disebut jamur kulit.

Ada banyak solusi alami untuk mengurangi perubahan warna kulit di sekitar leher, selangkangan, ketiak, bokong dan siku. ini adalah tips yang sederhana, dapat dilakukan ketika sedang dalam waktu luang.

Berikut Cara Menghilangkan Daki Dengan Bahan Alami

  • Dengan Minyak Zaitun

Minyak zaitun punya banyak khasiat bagi kulit. Bukan hanya untuk membersihkan, tapi juga bisa melembabkan kulit. Khusus untuk membersihkan daki dengan menggunakan minyak zaitun, akan lebih baik lagi jika minyak zaitun dihangatkan terlebih dahulu.

Cukup oleskan minyak zaitun yang hangat pada lipatan-lipatan kulit yang terdapat daki. Diamkan sampai 20 menit, lalu gosoklah perlahan-lahan dengan jari. Daki akan terlepas dengan mudahnya. Setelah itu madilah dengan air hangat, dan jangan lupa oleskan pelembab pada bagian tubuh tersebut.

  • Minyak Kayu Putih

Jangan bingung kalau tak punya minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai pembersih daki. Sama saja caranya, cukup oleskan pada kulit dengan sedikit pijatan. Daki yang menempel akan terkelupas dan bisa dengan mudah dibersihkan.

  • Menggunakan Body Lotion

Body lotion tidak hanya berguna untuk melembabkan kulit saja, Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghapus daki yang membandel pada tubuhmu.

Caranya sangatlah simpel, basahi terlebih dulu kulitmu agar lembab lalu keringkan. Oleskan body lotion pada permukaannya, lalu pijat dan gosok dengan jari. Gunakan juga kuku untuk membantu mengangkat daki-daki yang membandel tersebut.

  • Gula Pasir

Siapa sangkah kalau ternyata gula yang manis ini juga dapat menjadi cara cepat untuk menghapus kotoran daki yang membandel? Ya, kamu bisa menggunakan gula pasir untuk scrubbing.

Basahi terlebih dulu permukaan kulitmu yang berdaki, lalu gosoklah menggunakan gula pasir hingga perlahan-lahan dakimu akan terangkat sampai bersih.

  • Bubuk Kopi

Kalau kamu biasanya menyeduh bubuk kopi untuk diminum, sekarang cobalah bubuk kopi untuk membersihkan kulitmu dari kotoran daki. Caranya sama, basahi terlebih dulu kulitmu, lalu oleskan sedikit bubuk kopi dan scrubbing hingga daki terkelupas. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga kulitmu benar-benar bersih dari daki.

  • Beras Dan Perasan Jeruk Nipis

Cara ini memang tidak seinstan metode diatas , karena kamu harus menyangrai (menggoreng tanpa minyak) beras hingga menggelembung terlebih dulu. Setelah disangrai, tumbuk beras tersebut hingga menjadi bubuk beras lalu berikan perasan jeruk nipis.

Oleskan campuran beras dan jeruk nipis tersebut ke kulitmu, lalu gosok dengan jari dan kuku, daki akan lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Jus Mentimun

Mentimun juga sahabat yang baik bagi kulitmu. Ada beragam manfaat yang bisa kita ambil dari mentimun untuk kepentingan kulit, termasuk membersihkan daki. Tak hanya itu, mentimun ini juga bisa mendinginkan suhu kulit, dan membantu memperbaiki sel kulitmu.

Blender mentimun hingga halus, lalu oleskan pada kulit yang berdaki. Diamkan selama 15 menit, lalu gosoklah perlahan hingga daki tersebut rontok. Setelah itu bersihkan menggunakan air mawar.

  • Scrub dari Oatmeal

Oatmel juga terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Bahkan untuk permasalah daki, otmeal bisa menanganinya dengan baik.

Caranya mudah saja, cukup campurkan oatmel dengan susu, lalu gosokkan pada bagian kulit yang berdaki. Diamkan selama 2-3 menit, gosok-gosoklah hingga daki terangkat berish oleh oatmeal. Setelah itu bilas dengan air hangat.

  • Air Lemon

Lemon adalah bahan alami yang memutihkan, membersihkan, sekaligus membantu pengelupasan sel-sel kulit yang mati. Ambillah irisan buah lemon, lalu taburkan sedikit garam di atasnya.

Oleskan lemon tersebut pada bagian kulit yang berdaki, dan berikan sedikit pijatan ada kulit. Ini akan membuat daki menjadi lebih lunak, sehingga mudah untuk disingkirkan.

Ingatlah! bahwa resep atau ramuan diatas memerlukan beberapa waktu serta kesabaran untuk menyingkirkan bercak-bercak hitam ditubuh kalian.

Menghilangkan daki ditubuh bukan pekerjaan ringan, namun tidak ada salahnya mencoba bahan alami yang mudah di dapat disekitar kalian

Demikian pembahasan kami tentang Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit. Semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs https://hargaterbaruprocleansingtea2017.wordpress.com untuk update informasi kesehatan lainnya.

Tips Mudah Membasmi Daki Di Kulit